banyak buah

6 Cara Alami Dan Mudah Mengatasi Bibir Kering

Pastinya kamu pernah merasakan masalah bibir kering dan juga pecah pecah. Terjadinya kondisi ini tidak hanya akan menganggu penampilan saja tetapi terkadang dapat menyebabkan bibir terasa perih, tidak nyaman, dan bahkan berdarah. Terjadinya bibi kering dan pecah pecah ini bisa terjadi kapan saja, tidak hanya akan dialami pada saat musim dingin yang kering saja, tetapi juga akan terjadi pada saat cuaca sedang cerah. Untuk mengatasi masalah bibir kering ini, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya secara alami yang mudah didalam melakukannya.

Berikut 6 cara alami dan mudah mengatasi bibir kering diantaranya yaitu :

  1. Dengan Mengkonsumsi Air Putih Yang Cukup

Salah satu penyebab terjadinya bibir kering adalah kondisi dehidrasi. Oleh karena itu supaya kulit bibir tidak dehidrasi maka kamu harus banyak mengkonsumsi air putih. Biasakan didalam setiap harinya mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau minimal 2 liter, sehingga nantinya bibir tidak akan kering dan pecah pecah.

  1. Dengan Mengkonsumsi Banyak Buah Dan Sayur

Bibir kering dan pecah pecah juga dapat diatasi dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung Vitamin B dan Vitamin C. Kandungan Vitamin B ini dipercaya dapat membantu mengatasi masalah bibir kering dan pecah pecah. Kandungan Vitamin B yang tinggi ini ada dibeberapa makanan seperti kacang kacangan, ikan, dan juga unggas. Sedangkan untuk buah buahannya seperti apel, jeruk, dan pepaya. Dan untuk sayur sayurannya seperti brokoli, kembang kol, dan juga kubis.

  1. Dengan Menghindari Minuman Berkafein

Mengkonsumi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, minuman bersoda, minuman energi, dan juga alkohol, akan beresiko dapat menyebabkan kulit bibir kering dan juga pecah pecah. Selain itu juga minuman minuman tersebut dapat memperberat kerja sistem pencernaan kamu. Oleh karena itu jika tidak ingin bibir kering maka wajib menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

  1. Dengan Mengurangi Mengkonsumsi Makanan Asin Dan Pedas

Ternyata bibir akan menjadi semakin kering dan bahkan tidak kunjung sembuh jika sering mengkonsumsi makanan yang asin dan pedas. Pasalnya makanan yang berasa asin pedas itu dapat membuat semakin keringnya tenggorokan, sehingga menyebabkan kamu cepat haus dan juga mudah dehidrasi.

  1. Dengan Rajin Melakukan Scrub Bibir

Untuk mengatasi bibir kering juga dapat dilakukan dengan sering scrubbing bibir. Dengan melakukan hal ini maka akan terangkatnya sel kulit mati dan bibir pecah pecah juga akan berkurang. Untuk membuat scrub alami ini sangatlah mudah yaitu cukup dengan mencampurkan gula pasir sebanyak 2 sdm dan madu asli sebanyak 1 sdt, lalu diaduk hingga rata. Setelah itu oleskan pada bibir dan gosok secara perlahan sehingga akan terangkatnya sel kulit mati.

  1. Dengan Mengurangi Kebiasaan Menjilat Bibir

Jika kamu memiliki kebiasaan menjilat bibir maka sebaiknya kebiasaan tersebut dikurangi atau bahkan dihilangkan. Pasalnya jika kamu sering menjilat bibir maka akan membuat semakin keringnya bibir, hal tersebut dikarenakan air liur akan lebih cepat menguap sehingga bibir akan semakin menjadi kering. Jika kamu sering menjilat bibir lantaran karena menggunakan lip balm yang mengandung rasa, maka sebaiknya penggunaannya dihindari.

Selain itu juga yang harus kamu lakukan adalah dengan menghindari menggigit bibir dan tidak menggunakan obat obat tertentu yang menimbulkan efek samping menyebabkan bibir kering dan pecah pecah.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *