Cara Mendaur Ulang Kertas Sederhana Dirumah

Limbah kertas adalah limbah yang paling banyak setelah plastic yang dibuang oleh manusia, entah itu kertas foto, kertas HVS bekas skripsi ataupun pekerjaan, kertas bekas buku tulis kalian dari sekolah dasar sampai dewasa. Dan masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang menimbulkan banyak limbah kertas. Tapi tahu kah kalian bahwa kertas-kertas tersebut dapat di daur ulang? Sebagian besar daur ulang kertas itu cukup sederhana. Di Inggris, koleksi hasil daur ulang buatan warga lokal berlangsung di seluruh negeri dan mengangkut limbah kertas ke fasilitas yang mengubahnya menjadi barang baru. Bagaimana kertas didaur ulang dalam proses ini melibatkan pencampuran dengan air dan memecahnya untuk membentuk lembaran kertas baru. Semua jenis kertas dapat digunakan dalam proses ini, dengan beberapa pengecualian:

  • Handuk kertas bekas
  • Kertas bernoda makanan, kotoran atau cat
  • Tahan panas atau kertas roti
  • Wallpaper
  • Kertas dengan perekat di atasnya seperti label lengket

Tahukah Anda bahwa rata-rata orang di Inggris menggunakan 38kg surat kabar per tahun? Dari koran dan majalah hingga surat dan kantong kertas, kertas adalah salah satu barang yang paling banyak didaur ulang di Inggris. Faktanya, dua pertiga kertas bekas digunakan kembali dengan cara tertentu. hal tersebut memang harus di contoh agar bumi kita tidak rusak. Pada artikrl kali ini kami akan memberitahukan cara paling sederhana untuk melakukan daur ulang kertas yang ada dirumah kalian, baik itu kertas HVS, kertas karton dan kertas lainnya.

Cara Mendaur Ulang Kertas Di Rumah

Untuk membuat daur ulang dari kertas kalian pasti berpikiran bahwa kertas-kertas tersebut digunakan untuk membuat benda koleksi daur ulang, taoi ad acara-cara lain yang dimana kertas tidak hanya digunakan sebagai itu saja.

  1. Gunakan sebagai mulsa atau kompos. Limbah kertas adalah unsur penting dari tumpukan kompos yang sehat. Jika Anda tidak memiliki ruang (atau waktu) untuk membuatnya sendiri, Anda masih dapat mendaur ulang kertas sebagai mulsa. Cukup sobek menjadi potongan kecil dan letakkan di sekitar tanaman Anda. Daur ulang kertas dengan cara ini membantu menjaga tanah di kebun Anda tetap lembab dan menambahkan nutrisi ke dalamnya.
  2. Gunakan sebagai bahan pembungkus. Tidak yakin bagaimana cara mendaur ulang kemasan kertas dan koran? Gunakan mereka untuk mengeluarkan kotak secara massal saat mengepak barang untuk dipindahkan, menyimpan barang, atau mengirim hadiah ke teman. Bungkus barang-barang halus di koran dan gosok barang-barang lain dari kertas atau karton bekas untuk mengisi celah di dalam kotak dan melindungi barang-barang berharga Anda.
  3. Ubah menjadi kertas baru. Ini mungkin tampak sangat padat karya, tetapi ini merupakan kegiatan yang hebat bagi mereka yang memiliki jari –jari handal, siapa pun yang bertanya-tanya bagaimana cara mendaur ulang kertas di rumah untuk anak-anak. Lagi pula, ini mendidik dan sangat seru, dengan proses ini Anda akan meniru cara kertas didaur ulang di pabrik pemilah sampah.

Masih banyak cara-cara daur ulang lain yang bisa kamu lihat di internet, atau cara mengolah kertas menjadi barang baru itu adalah salah satu hal yang sangat kreatif. Kalian bisa melihatnya pada artikel-artikel lain di google atau kalian bisa melihatny di youtube. Yuk sayangi bumi kita dengan cara memanfaatkan sampah-sampah. Mari kita putar otak kita untuk membuat suatu kreasi yang menakjubkan!

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *