menghina fisik atau perilaku seseorang

Menghina Fisik atau Perilaku Seseorang

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum ustadz, ana mau nanya penghinaan terhadap fisik atau perilaku seseorang . Apa akan menjadi ladang amal bagi orang yg di hinakan? bagaimana jika yg di hina kan itu suatu kebenaran, tapi hati orang yg terhina tersakiti dan mungkin juga smua adalah qadarullah? syukron ustadz. jazakallahu khairan.

 

Jawaban :

Wa’alaikum salam warohmatulloh wabarokatuh

 

Menghina orang lain yang memiliki kekurangan dalam hidupnya adalah merupakan perbuatan zholim & akhlaq tercela_ Menghinakan orang lain karena cacat fisik misalnya.

 

Perhatikanlah wasiat Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Abu Jurayy :

“Janganlah engkau menghina seorang pun.”

 

Abu Jurayy berkata :  “Aku pun tidak pernah menghina seorang pun setelah itu, baik kepada orang yang merdeka, seorang budak, seekor unta, maupun seekor domba.”

 

Adapun orang yang selalu dihina, Maka baginya adalah kemuliaan disisi Alloh apabila ia hadapi dengan sabar. Tak perlu membalas buruknya akhlaq orang tersebut dengan kemungkaran yang sama, Biarlah ia menanggung dosa & malapetaka yang ia perbuat.

 

Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 

” … Jika ada seseorang yang menghinamu dan mempermalukanmu dengan sesuatu yang ia ketahui ada padamu, maka janganlah engkau membalasnya dengan sesuatu yang engkau ketahui ada padanya. Akibat buruk biarlah ia yang menanggungnya.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Al Hafizh Ibnu Hajar menyatakan bahwa hadits ini shahih).

 

Wallahu a’lam.

 

Dijawab oleh : Ustadz Oemar Mita Lc.

 

Referensi : Group WhatsApp Syameela

 

====================

☝SYAMEELA : Deliver The Truth Of Islam

Ajak Keluarga & Sahabat Bergabung :

?Telegram Channel : @Oemita_Syameela ▶ KLIK : https://goo.gl/tnoGcI

? Grup WA :

?08111000196 (ikhwan)

?0811188734   (akhwat)

?Website :

www.syameela.com

====================

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *