Susunan Acara Syukuran Aqiqah Anak Yang Sering Dijadikan Acuan Masyarakat

Menggelar acar syukuran aqiqah memang tidakbisa sembarangan. Aqiqah merupakan kewajiban orang tua yang harus ditunaikan setelah memiliki anak. Sehingga dengan melakukan aqiqah semua kewajiban orang tua untuk anaknya sudah tertunaikan. Hutang untuk karunia seorang anak sudah tertunaikan. Aqiqah merupakan bentuk rasa syukur karena sudah dikarunia anak. Bagi Anda yang akan menggelar acara syukuran aqiqah maka Anda wajib memperhatikan Susunan acara syukuran aqiqah anak yang benar supaya makna dari aqiqah dapat terpenuhi dengan baik. Tentu saja dengan melakukan kegiatan syukuran aqiqah akan membuat Anda bisa menikmati rasa syukur akan kehadiran anak.

Berikut adalah Susunan acara syukuran aqiqah anak yang paling sering menjadi acuan di masyarakat oleh rumah aqiqah jogja . Acara pertama adalah acaara pembukaan. Acara pembukaan ini biasanya diisi oleh pembawa acara. Pembukaan acara ini dilakukan secara langsung oleh pembawa acara. Acara kedua adalah pembacaan ayat suci. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengingatkan para orang tua akan makna terselenggaranya kegiatan aqiqah. Acara ini dilakukan oleh orang tua dari anak tersebut atau bisa juga diwakilkan oleh orang lain yang mampu. Acara berikutnya adalah sambutan. Sambutan diberikan oleh tuan rumah yang menyelenggarakan acara tersebut kemudian menyampaikan tujuan diselenggarakan acara tersebut. Sambutan dilakukan secara singkat dan jelas supaya maksud dan tujuannya dapat tersampaikan dengan baik.

Acara inti dalam Susunan acara syukuran aqiqah anak yaitu acara pencukuran rambut. Makna dari acara pencukuran rambut adalah untuk membersihkan diri. Pencukuran rambut tidak dilakukan secara utuh. Pencukuran hanya dilakukan sebagian saja sebagai simbolis. Pencukuran rambut yang dilakukan sebagai simbol dan juga sebagai tolak ukur berapa jumlah yang harus disedekahkan untuk rasa syukur karena sudah diberikan anak yang sehat. Acara pencukuran rambut biasanya dilakukan oleh keluarga yang dianggap dituakan disertai acara mendoakan anak tersebut supaya bisa menjadi anak yang sehat dan cerdas. Tentu saja dengan melakukan pencukuran disertai doa akan memberikan bekal kepada anak serta melindungi anak dari halhal buruk yang kemungkinan terjadi setelah kelahirannya dan selama pertumbuhannya.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *