belajar ilmu agama

Tips Kuliah Sambil Belajar Ilmu Agama

Pada zaman sekarang yakni zaman fitnah, dimana banyak sekali ujian dan cobaan yang terus menerpa dalam kehidupan kita, maka belajar ilmu agama tidak boleh lepas dari kehidupan sehari-hari kita. Sesibuk apapun kita, kita seharusnya bisa meluangkan waktu untuk belajar ilmu agama syar’i setiap hari. Jangan sampai kita lewatkan 1 hari tanpa belajar ilmu agama. Karena kelak pertanggungjawabannya di akhirat sangatlah berat.

Belajar ilmu agama harus dimulai sedini mungkin. Biasanya umur 18-25, seseorang lebih sering menggunakan otaknya untuk mencari jati dirinya. Ini juga saat yang tepat untuk memulai mencari tahu lebih dalam agama kita seperti apa. Apa yang Allah perintahkan kepada kita, bagaimana contoh yang diberikan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dsb. Karena umur umur tersebut biasanya umur anak kuliahan, maka pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips kuliah sambil belajar ilmu agama. Simak tips berikut :

  1. Buatlah jadwal
    Tips yang pertama adalah buatlah jadwal keseharian anda. Ketika anda sudah membuatnya, maka patuhilah jadwal yang telah anda buat sekuat tenaga. Apabila anda kelewat jadwal, maka sesegera mungkin melakukan aktifitas sesuai jadwal. Hal tersebut agar memudahkan kita mengatur waktu kita. Dan jangan lupa tulis belajar ilmu agama di jadwal kita.
  2. Hindari kegiatan yang tidak bermanfaat
    TIps berikutnya adalah tinggalkanlah hal yang tidak bermanfaat. Contohnya apabila anda bukanlah seorang professional gamer, maka tinggalkanlah game game yang membuat anda lali mengerjakan ibadah. Karena setiap detik yang kita habiskan di dunia, kelak pasti akan ditanyakan di akhirat.
  3. Carilah tempat yang tepat
    Apabila anda ingin mudah belajar ilmu agama, maka carilah lingkungan yang tepat. Contohnya anda ingin kuliah, maka carilah lingkungan perkuliahan yang menuntut ilmu agama mudah diakses contohnya Jakarta, Jogja, hingga Bandung. Apabila anda memutuskan kuliah di Bandung, maka Universitas masoem bisa menjadi salah satu pilihan anda. Dimana mereka menjadi pesantren mahasiswa tapi juga sambil kuliah.

Itu tadi adalah tips bagi anda yang sedang/mau kuliah tapi juga tidak ingin meninggalkan belajar ilmu agama yang syari. Sampai berjumpa di artikel berikutnya.

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *